D Zawawi Imron Ingatkan Mahasiswa tentang HP dan Gairah Cari Ilmu

By Admin


nusakini.com-Malang-Budayawan D Zawawi Imron menjadi salah satu narasumber Mengaji Indonesia di UIN Maliki Malang. Di hadapan ribuan mahasiswa yang hadir, Si Celurit Emas mengingatkan soal kebiasaan pemuda masa kini yang menghabiskan waktunya untuk bermain handphone (HP).  

"Kalau anda tiap hari bermain HP terus, apakah generasi seperti ini mampu memimpin Indonesia," tanya D Zawawi di Malang, Senin (08/10). 

Untuk itu, D Zawawi mengingatkan mahasiswa UIN Malang tentang kegairahan terhadap ilmu. Menurutnya, mencari ilmu dan mengkaitkannya dengan pengalaman itu sangat penting. 

"Sing jenenge ngelmu itu ngger, dudu mung kawruhe mripat marang dluwang. Tapi kawruhing manah marang kahuripan," kata D Zawawi mengutip salah satu nilai budaya Jawa.   

"Ilmu itu bukan semata tahu kertas atau teks, tapi pengetahuan perasaaan dan hati terhadap kehidupan," demikian dia menjelaskan.  

Kepada mahasiswa, D Zawawi Imron berpesan tentang pentingnya kelembutan untuk mencintai orang kecil. Hal itu, kata D Zawawi harus dibangun sejak sekarang.  

"Saat makan nasi, ingat bahwa itu ditanam petani. Petani itu pahlawan bidang kemakmuran. Saat di kuburan doakan petani," ajaknya.  

Jika generasi bangsa memiliki pemikiran jernih, maka dia pantas menjadi pemimpin masa depan.  

"Hati yang diselimuti kemuliaan dan taqarrub ilallah, maka dia tidak punya waktu untuk membenci orang lain," tandasnya berpuisi. 

Mengaji Indonesia di UIN Malang merupakan edisi keempat. Acara ini mengangkat tema "Kita Indonesia, Kita Bersinergi". Selain D Zawawi Imron, tampil sebagai narasumber Alissa Wahid dari Gusdurian dan Rektor UIN Malang Abdul Haris. Selaku host, Menag Lukman Hakim Saifuddin. (p/ab)